Website yang membahas tentang musik

Selasa, 31 Oktober 2023

Cara Membuat Sebuah Aransemen Musik

Dalam kehidupan saya sebagai musisi tentu saya tidak terlepas dengan yang namanya musik. terkadang saya bersama teman teman tim akustik kelas saya berencana ingin membuat sebuah lagu dan saya ditunjuk untuk membuat sebuah aransemen musik untuk membantu menggambarkan lagu yang akan direncanakan.

 Berikut adalah cara yang saya lakukan untuk membuat sebuah aransemen musik 
 
Pertama,saya ketika masih berkegiatan diluar rumah saya biasanya menuliskan beberapa bagian penting di dalam sebuah buku yang saya khususkan untuk membuat musik. menurut saya metode ini bisa berguna saat diluar rumah ataupun di dalam rumah ketika kita mempunyai sebuah ide untuk sebuah musik dan kita tidak ada media untuk menuangkan ide tersebut,maka mencatat di buku adalah salah satu metode yang baik.

Kedua, saya membuka suatu aplikasi pembuat musik lalu menuangkan ide ide yang sudah saya catat di dalam buku. Biasanya,saya membuat bassline atau nada bass terlebih dahulu agar dapat mengingat nada dasar dan lebih mudah membuat pattern untuk perkusi.

Selanjutnya, saya membuat pattern untuk perkusi agar dapat menentukan irama yang terdapat di dalam sebuah lagu. Biasanya saya membuat pattern perkusi ini disesuaikan dengan tema lagu dan tempo lagunya. begitu juga dengan nada dasar yang dapat dikembangkan menjadi chord.

Lalu, setelah saya membuat pattern perkusi saya biasanya membuat chord yang disesuaikan dengan nada dasar. biasanya saya menggunakan instrumen gitar,piano,dsb disesuaikan dengan tema, genre, dan emosi lagu yang dibuat.

Selanjutnya saya akan membuat melodi lagu yang membuat lagu menjadi lebih indah. Bagian melodi ini biasanya terdapat pada bagian intro, pertengahan, ataupun bagian akhir/ending lagu.Lalu saya tambahkan melodi biasanya untuk menghiasi sebuah lagu. untuk melodi saya lebih suka memakai instrumen string, flute, piano, synthesizer, ataupun gitar elektrik disesuaikan dengan tema, genre, dan emosi dari sebuah musik.

Tahap terakhir, adalah saya mencoba menambahkan guide vokal untuk membantu vokalis menyanyikan lagu tersebut.

itulah beberapa tahap atau cara yang saya lakukan untuk membuat aransemen musik untuk sebuah lagu.
jika ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar. segala kelebihan,kekurangan,dan kesalahan mohon dimaafkan. 
sekian dari saya 
Terimakasih.
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blogroll

Lagu Baru

Counter Flag

Flag Counter

Jam

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Cari Blog Ini

Popular Posts

SEARCH

Blog Archive